Rabu, 13 Agustus 2008

Suplemen Berlebihan Tingkatkan Resiko Kanker Prostat

TERNYATA, kebiasaan mengkonsumsi multivitamin secara berlebihan bukannya bagus, melainkan bisa merusak tubuh. Bahkan seperti dilaporkan The Harvard Mens Health Watch, konsumsi berlebihan suplemen makanan ini bisa beresiko terkena kanker prostat pada laki-laki. Jurnal Nasional Institut Kanker di Boston memaparkan, ada peningkatan resiko terkena kanker prostat pada pria yang mengkonsumsi multivitamin.

Sementara meskipun memang tidak ditemukan kaitan antara penggunaan multivitamin dan pembatasan peningkatan resiko terkena kanker prostat. Namun hasil studi menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi multivitamin lebih dari satu kali sehari beresiko terkena kanker prostas 32 persen, dan 98 persen yang mengidap penyakit ini meninggal dunia. Meski demikian, laporan ini menyatakan masih diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan ada kaitan antara peningkatan resiko terkena kanker prostat dengan konsumsi multivitamin.

Harvard Men's Health Watch menyarankan, bahwa adanya bukti tentang suplemen terhadap perkembangan tubuh memang bisa diandalkan. Bagaimanapun, diet yang baik dan gaya hidup sehat lainnya bisa membantu mengurangi resiko terkena kanker prostat. Pria harus berhati-hati mengkonsumsi multivitamin secara berlebihan namun tidak melihat kerusakan tubuh dari multivitamin harian, sehingga direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan suplemen sesuai standar.

Tidak ada komentar: