Senin, 18 Agustus 2008

Penyakit Kutil

Penyebab Kutil
Kutil adalah suatu tipe infeksi yang disebabkan oleh virus dari golongan human papillomavirus (HPV Virus). Ada lebih dari 1000 tipe HPV Virus. Kutil dapat tumbuh di semua bagian tubuh manusia. Mereka dapart tumbuh dan berkembang pada kulit, didalam mulut, pada alat genital atau kelamin dan pada daerah anus. Jenis umum dari HPV cenderung menyebabkan kutil pada kulit seperti pada tangan dan jari-jari, jenis lain dari HPV virus cenderung menyebabkan kutil pada daerah kelamin dan anus atau rectal. Beberapa orang secara alamiah kebal terhadap HPV virus dan tidak menderita kutil.

Dapatkah kutil menular dari satu orang ke orang lain?
Kutil dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain. Sebagai contoh, kutil pada kulit bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain lewat kontak langsung dengan kutil tersebut. Juga bisa melalui handuk atau obyek serta benda-benda lain yang digunakan oleh penderita kutil dan dipakai oleh bukan penderita kutil.

Kutil pada alat kelamin bersifat sangat menular dan dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak mulut atau oral, melalui vagina atau hubungan intim melalui anus. Jadi merupakan hal penting untuk tidak berhubungan intim dengan partner yang mempunyai kutil pada daerah genital atau lakukanlah hubungan intim dengan memakai pelindung. Pada wanita, kutil dapat tumbuh pada daerah servix (cervix), dan bahkan seorang wanita mungkin tidak mengetahui bahwa dia mempunyai kutil pada daerah servixnya. Dia mungkin telah menularkan infeksi tersebut kepada partner saat dia melakukan hubungan intim tanpa diketahuinya.

Akankah kutil dapat hilang?
Seringkali kutil menghilang dari pemiliknya, walaupun akan memakan beberapa bulan bahkan tahun. Tetapi beberapa kutil tidak menghilang. Dokter tidak dapat memastikan mengapa ada beberapa kutil yang menghilang dan ada yang tidak dapat menghilang.

Apakah kutil pada kulit perlu di obati?
Pada umumnya kutil pada kulit perlu dilakukan pengobatan. Biasanya kutil sering mengganggu, kutil dapat terjadi perdarahan dan menyebabkan rasa nyeri pada saat disentuh atau terbentur oleh benda lain. Kutil dapat juga membuat seseorang penderita menjadi malu, misalnya kutil yang tumbuh pada wajah. Pengobatan kutil mungkin bisa menurunkan potensi kutil menyebar ke daerah lain pada tubuh penderita atau mengurangi potensi menular ke orang lain dan bertujuan mengurangi atau menghilangkan gangguan-gangguan seperti yang disebutkan diatas.

Bagaimana menghilangkan kutil pada kulit?
Awal dari semuanya, merupakan hal penting untuk mengetahui bahwa kutil pada kulit seperti pada jari-jari, kaki dan lutut dan kutil pada daerah genital dihilangkan dengan cara yang berbeda-beda. Jangan mencoba pengobatan rumah yang manapun atau obat-obat yang berlawanan untuk menghilangkan kutil pada daerah genital. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan luka atau rasa sakit pada alat kelamin anda dengan menaruh kimia-kimia tertentu pada genital anda. Anda juga sebaiknya tidak mengobati kutil yang terjadi pada wajah tanpa membicarakan dan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli.

Berikut adalah beberapa cara pengobatan untuk menghilangkan kutil pada kulit yang biasanya terjadi:

Pengobatan menggunakan asam salisil (salicylic acid)
Anda dapat mengobati dengan menggunakan asam salisil pada tempat-tempat seperti kutil di tangan, kaki atau pada lutut dengan mengoleskan salicylic acid pad kutil. Untuk mendapatkan hasil yang baik, anda harus memakainya setiap hari dalam beberapa minggu. Setelah mandi, tepuk kulit anda keringkan dengan sehelai handuk. Kemudian gunakan atau oleskan salicylic acid pada kutil. salicylic acid meresap lebih dalam dan akan bekerja lebih baik saat salicylic acid digunakan pada kulit yang lembab atau basah. Sebelum anda mandi pada hari berikutnya, gunakan amplas atau batu apung untuk membersihkan permukaan yang mati dari kutil.

Pengobatan menggunakan Cantharidin
Dokter mungkin menggunakan Cantharidin pada kutil, dengan pengobatan ini dokter mencat dengan bahan kimia pada kutil. Kebanyakan orang tidak merasakan nyeri saat bahan kimia dikenakan pada kutil. Anda akan mengalami sedikit rasa nyeri dan melepuh pada kutil sekitar 3-8 jam. Setelah pengobatan dengan Cantharidin, perban akan dipasang diatas kutil. Perban dapat dilepas setelah 24 jam. Saat campuran dari cantharidin dan bahan-bahan kimia lain digunakan, perban dilepas setelah 2 jam. Saat anda kontrol ke dokter lagi, dokter akan melepas kuliat mati pada kutil. Jika kutil tidak hilang setelah satu pengobatan, dokter mungkin akan menyarankan jenis pengobatan kutil lainnya.

Pengobatan menggunakan Cairan Nitrogen
Dokter mungkin akan menggunakan cairan nitrogen untuk membekukan kutil. Pengobatan ini disebut cryotherapy. Pnggunaan cairan nitrogen pada kutil menyebabkan timbul sedikit ketidaknyamanan. Untuk menghilangkan kutil secara penuh, penggunaan cairan nitrogen untuk pengobatan mungkin dilakukan setiap hari 2-4 kali selama 1 sampai 3 minggu. Jika tidak ada perbaikan, dokter mungkin akan merekomendasikan jenis pengobatan yang lain.

Jenis pengobatan lainnya untuk kutil pada kulit.
Dokter juga dapat menghilangkan kutil pada kulit dengan membakar kutil, memotong dan mengeluarkan kutil atau menghilangkan kutil dengan menggunakan laser. Pengobatan jenis ini lebih kuat, dan mungkin akan meninggalkan bekas luka atau parut. Normalnya, pengobatan ini dianjurkan untuk kutil yang tidak bisa rapi atau bersih dengan pengobatan lainnya.

Konsultasikan dengan dokter tentang yang mana pengobatan yang tepat untuk anda.

Bagaimana pengobatan pada kutil daerah genital
Kutil daerah kelamin harus diobati oleh dokter. Kutil pada daerah genital dapat dihilangkan, tetapi tidak ada pengobatan atau penyembuhan untuk virus yang menyebabkan timbulnya kutil tersebut.

Apakah kutil dapat kambuh kembali?
Sering kali, pengobatan kutil pada kulit berjalan dengan sukses dan kutil dapat hilang dengan baik. Sistem kekebalan tubuh anda biasanya dapat membersihkan dari adanya kutil kecil yang mungkin tertinggal setelah dilakukan suatu pengobatan terhadap kutil tersebut. Kutil pada daerah kelamin lebih berpotensi untuk kambuh kembali karena tidak ada pengobatan atau penyembuhan untuk virus yang menyebabkannya dan karena kutil lebih sulit untuk di kendalikan pada suatu lingkungan yang lembab. Jika kutil genital kambuh kembali, hubungi dokter untuk membicarakan cara-cara pengobatannya.

4 komentar:

ade mengatakan...

Terimakash atas informasi yg telah d berikan.

melinda mengatakan...

yayaya... informatif banget. thanks ya

Dunia kesehatan mengatakan...

thankz infonya,,,ada yg lengkap dari pengertia sampai dngn evaluasi keperawatannya..?

Qadri mengatakan...

Saya ngilangin kutil pake 'kapur sirih + sabun colek' , di olesin ke kutil nya ilang , tapi perih sdikit .