Senin, 18 Agustus 2008

Bagaimana Menjaga Gigi dan Mulut Agar Tetap Bersih dan Sehat

Pengambilan perawatan yang baik terhadap gigi dan mulut sepanjang hidup anda dapat membantu mencegah masalah-masalah kesehatan seperti yang anda dapatkan pada masa usia lanjut. Pengambilan perawatan gigi berarti menggosok dan membersihkan gigi setiap hari serta secara rutin periksa gigi ke dokter gigi. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga dan memelihara gigi agar tetap bersih dan sehat. Tips perawatan gigi dan mulut pada usia bayi dan anak-anak, tips perawatan pada masa remaja dan tip perawatan pada masa dewasa.

Tips Perawatan Gigi Bayi dan anak-anak
Set gigi pertama sudah hampir penuh terbentuk pada saat lahir. Pada mulanya gigi-gigi tersebut tersembunyi di bawah gusi. Gigi-gigi tersebut adalah sangat penting, karena setelah gigi tersebut muncul akan membantu bayi untuk mengunyah makanan, membuat mereka bisa tersenyum manis dengan gigi barunya dan berbicara dengan baik. set gigi pertama juga menjaga ruangan dimana gigi permanen akan secepatnya tumbuh dan juga membantu gigi permanen tumbuh lurus

Anda dapat melakukan perawatan pada gigi bayi dan masa kanak-kanak anda dengan mengikuti anjuran berikut ini:

* Bersihkan gigi baru setiap hari. Saat gigi pertama tumbuh, bersihkan gigi dengan menggosoknya dengan lembut menggunakan kain bersih lembut yang dibasahi. Saat gigi menjadi lebih besar gunakan penggosok gigi untuk anak-anak untuk membersihkannya.

* Untuk anak-anak di bawah 2 tahun sebaiknya tidak menggunakan pasta gigi. Gantilah dengan menggunakan air untuk menggosok giginya.

* Jangan biarkan bayi anda tidur dengan dotnya. Ini dapat meninggalkan susu atau sari buah pada giginya dan menyebabkan peronggaan pada gigi (bisa membusuk) yang diketahui dan disebut sebagai "baby-bottle tooth decay."

* Anjuran pada anak-anak yang lebih tua untuk memakan snack yang rendah kandungan gulanya seperti buah-buahan, keju dan sayur-sayuran. Hindari pemberian makanan seperti gula-gula, permen dan sejenisnya.

* Ajarkan kepada anak anda bagaimana membersihkan gigi mereka dan betapa pentingnya memelihara kebersihan gigi mereka

* Bawalah anak anda secara rutin ke dokter gigi. Asosiasi dokter gigi amerika merekomendasikan untuk memeriksakan mereka ke dokter gigi dimulai pada umur satu tahun

Perawatan gigi dan mulut pada Anak belasan tahun (masa remaja)
Pengambilan perawatan gigi dan mulut pada masa remaja akan membantu anda agar mempunyai bau nafas yang menyenangkan, senyum yang indah (nice smile) dan lebih meminimalkan adanya rongga pada gigi (cavities). Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan:

* Gosoklah gigi sedikitnya 2 kali dalam sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

* Bersihkan gigi anda menggunakan serat seperti sutra sedikitnya satu kali dalam satu hari

* Jangan merokok (baca merokok, langkah berhenti merokok) atau mengunyah tembakau yang dapat menimbulkan noda pada gigi, menghasilkan bau nafas tak sedap dan menyebabkan kanker.

* Tanyakan kepada dokter jika obat-obat tertentu mempunyai efek samping yang mungkin merusak gigi (misalnya beberapa obat bisa menyebabkan kekeringan pada gigi)

* Kenakan pelindung tutup kepala yang tepat ketika anda bermain olah raga yang memungkinkan kontak dan dapat mengakibatkan cedera pada gigi.

* Pergi ke dokter gigi tiap tahun untuk melakukan check-up rutin dan pembersihan gigi

Perawatan Gigi dan Mulut Untuk Dewasa
Melanjutkan perawatan gigi dan mulut yang baik sebagai seorang dewasa dapat membantu anda menghindari hilangnya gigi, sakit gusi atau masalah gigi lainnya. Berikut beberapa hal yang bisa membantu dan sebaiknya anda lakukan:

* Gosoklah gigi anda sedikitnya dua kali dalam sehari dengan menggunakan pasta gigi berfluoride.

* Bersihkan gigi anda menggunakan serat seperti sutra sedikitnya satu kali dalam satu hari

* Jangan merokok atau mengunyah tembakau

* Tanyakan kepada dokter jika obat-obat tertentu mempunyai efek samping yang mungkin merusak gigi (misalnya beberapa obat bisa menyebabkan kekeringan pada gigi)

* Lihat sisi dalam pada gigi anda secara teratur untuk mengetahui adanya luka yang tidak sehat, iritasi gusi atau adanya perubahan-perubahan laiinya pada gigi.

* Periksakan gigi anda ke dokter gigi secara teratur

Jika anda mempunyai masalah-masalah dengan gigi dan mulut anda, periksakanlah ke dokter atau dokter gigi secepatnya.

1 komentar:

yoo mengatakan...

mantap..
harus peduli dngan kesehatan..